7 Tips Bikin Judul Artikel! Gampang Banget Buat Artikelmu Trending!

Judul sebuah artikel merupakan kunci utama untuk menarik perhatian pembaca. Dengan judul yang menarik serta mudah ditemukan, akan membuat pembaca tertarik untuk membaca seluruh isi artikel. Namun, membuat judul yang menarik tidaklah semudah yang kita bayangkan. Berikut adalah 7 tips untuk membuat judul artikel yang bisa membuat artikelmu menjadi trending!

  1. Judul wajib mengandung target keywords atau topik yang diincar oleh pembaca.? Pilih kata kunci yang relevan dengan isi artikelmu dan juga menarik perhatian pembaca. Kata kunci yang tepat akan membuat artikelmu lebih mudah ditemukan di mesin pencari dan juga lebih menarik bagi pembaca potensial.
  2. Googling Target Keywords Perhatikan keywords yang rata-rata dipakai oleh para kompetitor kamu. Ini bisa jadi patokan agar dapat membuat judul konten yang lebih menarik. Bahkan dengan riset ini kamu bisa melakukan modifikasi judul, sehingga kemungkinan besar artikelmu akan mudah dicari.
  3. Buat Judul yang Nge-Hook Gunakan kata yang mengandung benefit, menacing emosi, atau yang bikin penasaran, tapi jangan berbohong atau clickbait yang isinya nggak nyambung sama judul. Meskipun judul yang menarik sangat penting, kami sarankan untuk tidak menggunakan clickbait. Judul yang berlebihan atau menyesatkan hanya akan mengecewakan pembaca ketika isi artikel tidak sesuai dengan yang dijanjikan, selain itu Google juga tahu lho! Sehingga akan berpengaruh pada performa ranking artikelmu.
  4. Pakai Angka Untuk Artikel yang berbentuk listicle, gunakan angka ganjil untuk menarik perhatian, misalnya seperti “5 tips sukses didunia digital bisnis”. Tidak harus menggunakan angka 5, namun bisa juga menggunakan angka ganjil lainnya seperti 7, 9 dan seterusnya.
  5. Keyword Spesifik Gunakan tambahan keyword spesifik yang memancing minat pembaca, contohnya pada konten review bisa disematkan kata “jujur”. Banyak pembaca yang lebih tertarik dengan artikel yang menyematkan kata spsesifik ini, karena dianggap artikel tersebut dapat dipercaya berdasakan pengalaman nyata.
  6. Pakai Teknik “How-to” atau “Cara” Teknik "how-to" atau "cara" seringkali menarik perhatian pembaca karena menawarkan solusi atau petunjuk yang bermanfaat. Pakai teknik ini untuk menarik pembaca yang ingin belajar atau mencari solusi atas suatu masalah.
  7. Jangan Abaikan SEO Pastikan judul artikelmu wajib ramah terhadap mesin pencari (SEO). Gunakan kata kunci yang relevan dan populer dalam judul artikelmu agar lebih mudah ditemukan oleh pembaca potensial di mesin pencari. Dengan begini, artikelmu akan banyak mendapatkan kunjungan dari para pembaca.

Kuasai berbagai pengetahuan dibidang bisnis digital, dengan join di DIGITAL BUSINESS PROGRAM POLITEKNIK INTERNASIONAL BALI. Raih potongan biaya kuliah 50% sampai lulus! Cek informasinya di pib.ac.id  

Berita Terkait

Lihat Semua

5 Alasan Sebaiknya Tidak Membeli Followers Untuk Media Sosial

Rabu, 21 Februari 2024

Semakin har media sosial semakin menjadi platform yang cukup berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang bisnis pemasaran serta...

Selengkapnya

HAL YANG WAJIB KAMU TAHU TENTANG SELEKSI PERGURUAN TINGGI 2024

Senin, 12 Februari 2024

Perguruan Tinggi Negeri PTN di Indonesia jelas merupakan destinasi utama bagi para calon mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan tinggi berkualitas...

Selengkapnya

6 Alasan Kenapa Pisau Tajam Justru Lebih Aman Buatmu!

Senin, 12 Februari 2024

STV Pisau tajam sering dianggap sebagai alat yang berbahaya dan bisa menyebabkan luka Tapi jangan buruburu mengambil kesimpulan negatif Faktanya...

Selengkapnya

Copyright © PMB - Politeknik Internasional Bali. All Rights Reserved