Web Analytics

7 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Bidang Hospitality

Tahukah kamu bahwa saat ini Industri hospitality menjadi salah satu sektor yang laris manis? Industri hospitality atau yang dikenal sebagai industri perhotelan dan pariwisata, semakin hari semakin berkembang pesat di dunia. Industri ini memainkan peranan yang sangat penting dalam perekonomian global. Dikarenakan hal itulah, kini semakin banyak dan menjamurnya bisnis yang bergerak dibidang hospitality, dapat kita lihat kini semakin banyak bermunculan hotel, restaurant, dan sejenisnya sehingga sangat berpengaruh pada jumlah tenaga ahli di bidang tersebut yang dibutuhkan. Ini merupakan salah satu alasang mengapa kamu harus memilih untuk mendalami ilmu di bidang hospitality, namun masih banyak lho alasan lainnya yang membuat kamu harus banget kuliah di bidang hospitality, diantaranya adalah :

  1. Peluang dan Jenjang Karir yang Luas serta Beragam

Industri hospitality menawarkan beragam peluang karir yang tidak terbatas pada satu jenis model pekerjaan saja. Dengan gelar di bidang hospitality ini, para lulusannya dapat berkarir sebagai manajer hotel, event planner, chef, manajer restoran, dan bahkan dapat menjadi seorang pengusaha di industri pariwisata. Luas banget kan ragam karirnya?

  1. Berkesempatan Bekerja di Seluruh Dunia

Jika kamu memiliki mimpi untuk dapat berkarir di luar negeri, maka pilihanmu tepat sekali jika mendalami industry hospitality ini. Salah satu keunggulan utama dari kuliah di bidang ini adalah fleksibilitas geografisnya. Industri hospitality bersifat global, dan keterampilan yang kamu peroleh dari bangku kuliah ini dapat diaplikasikan di seluruh dunia.

  1. Berinteraksi dengan Berbagai Budaya

Jika kamu telah resmi terjun ke industry hospitality ini, maka kamu akan banyak berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan budaya. Hal ini cukup memberikan dampak positif, karena dapat memberimu kesempatan untuk memperluas wawasan, memahami perspektif yang berbeda, dan mengembangkan keterampilan interpersonal yang luar biasa, selain itu kamu juga berkesempatan untuk memperluas networking yang pastinya dapat berguna untuk peningkatan karir masa depan.

  1. Penambahan Jam Terbang Saat Internship

Jika kamu masuk salah satu perguruan tinggi dibidang hospitality, biasanya mereka memiliki internship program yang dapat diikuti oleh studentnya. Salah satunya seperti PIB College yang memiliki program magang di dalam dan diluar negeri yang tentunya di Perusahaan yang berkelas serta berkualitas. Pengalaman magang ini akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang industri ini dan mempersiapkanmu untuk siap terjun di dunia professional nyata.

  1. Hospitality adalah Industri yang Terus Berkembang

Industri hospitality semakin hari terus berkembang, bahkan banyak bermunculan trend baru seperti eco-tourism, digitalization, dan personalized guest experiences. Kuliah di bidang hospitality ini akan membekali student nya dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi bagian dari evolusi industry yang terus berkembang ini.

  1. Mengasah Keterampilan Kepemimpinan & Manajemen

Dengan belajar di program studi ini,maka akan diajarkan bagaimana mengelola tim, membuat keputusan bisnis yang tepat, dan merancang strategi untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan. Keterampilan ini sangat berharga dan dapat diterapkan di berbagai bidang karir lainnya tentunya.

  1. Kepuasan dalam Memberikan Pelayanan

Bagi kebanyakan orang, kepuasan terbesar dalam bekerja di industri hospitality adalah kesempatan untuk membuat orang lain merasa bahagia dan puas. Pekerjaan di bidang ini memberikan rasa pencapaian yang unik. Jika kamu sudah terjun ke industry ini secara nyata maka kamu akan memiliki kesempatan untuk secara langsung melihat dampak positif dari pekerjaanmu terhadap orang lain/tamu.

Itu tadi adalah beberapa alaasan kuat kenapa kamu harus kuliah di bidang hospitality. Kuliah di bidang ini bukan hanya tentang mempelajari cara mengelola hotel atau restoran saja, namun juga tentang bagaimana cara mengembangkan keterampilan yang dapat membawamu untuk dapat berkarir di seluruh dunia, memberikan kepuasan dalam pekerjaan, dan membuka pintu ke berbagai peluang karir yang sangat luas. Jika Kamu mencari bidang studi yang dinamis, menantang, dan penuh dengan peluang karir secara global, maka Hotel Management adalah pilihan yang tepat untukmu.

Salah satu kampus yang menyediakan program studi dibidang hospitality ini adalah Politeknik Internasional Bali. Kampus yang berlokasi di Tabanan, Bali ini memiliki program studi Hotel Management yang dapat ditempuh selama 4 tahun. Selain didukung dengan fasilitas yang sama dengan industry, student juga diberi kesempatan untuk merasakan magang di dalam dan luar negeri dengan harapan dapat membangun networking berkualitas ddan juga menambah jam terbang sehingga saat lulus nanti, mereka sudah siap untuk masuk ke industry professional.

Penulis : Ayu Intan

Berita Terkait

Lihat Semua

Kelas Bersama Kraft Heinz: Peluang Emas untuk Mahasiswa Culinary Arts & Gastronomy PIB College Dalam Memulai Pop- Up Business!

Kamis, 10 Oktober 2024

Popup store belakangan ini memang lagi hits banget terutama di dunia kuliner Buat kamu yang bercitacita jadi foodpreneur pasti pernah...

Selengkapnya

Industri Event Saat Ini & Prospek Karirnya yang Semakin Banyak Dicari

Kamis, 03 Oktober 2024

Jika kamu mendengar kata Event organizer EO pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kan Sedikit kita bahas Event organizer...

Selengkapnya

Maksimalkan Live Streaming Untuk Jadi Senjata Ampuh Dalam Promosi Digital

Kamis, 22 Agustus 2024

Di era yang serba digital ini live streaming menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan produk dan juga jasa...

Selengkapnya

Copyright © PMB - Politeknik Internasional Bali. All Rights Reserved