Web Analytics

Maksimalkan Live Streaming Untuk Jadi Senjata Ampuh Dalam Promosi Digital

Di era yang serba digital ini, live streaming menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan produk dan juga jasa. Dengan kelebihannya yang dapat memberikan ruang untuk berinteraksi langsung dengan audiens, live streaming menawarkan pengalaman yang lebih personal. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa membantumu untuk memaksimalkan live streaming sebagai alat promosi.

  1. Persiapkan Konten

Pastikan sebelum memulai live streaming, rencanakan konten yang akan dipublikasikan telah disusun dengan baik. Bagaimana caranya? Kamu bisa membuat daftar poin-poin penting yang akan disampaikan, dan pastikan kamu menguasai informasi tentang produk atau jasa yang akan dipromosikan. Persiapan ini akan membantu kamu agar tetap fokus dan percaya diri selama siaran berlangsung.

  1. Gunakan Platform yang Sesuai

Gunakan platform yang paling sesuai dengan target audiensmu. Setiap platform pasti memiliki demografis pengguna yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu memilih platform yang paling relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Misalkan, jika target market kamu adalah generasi milenial dan followers-mu aktif di Instagram maka kamu bisa menggunakan Instagram sebagai platform live akunmu.

  1. Tools Harus Memadai

Setelah memilih platform yang tepat, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kualitas audio dan video, karena kedua hal ini sangat penting dalam live streaming. Pastikan jenis kamera yang digunakan memiliki resolusi tinggi, kemudian pastikan juga mikrofon yang dipakai dapat menangkap suara dengan jelas sehingga informasi yang disampaikan dapat didengar dengan jelas oleh audiens. Perhatikan juga settingan pencahayaan, hal ini bertujuan agar produk yang ditampilkan terlihat dengan baik dan menarik perhatian audiens kamu.

  1. Penawaran Khusus

Berikan penawaran khusus hanya saat di acara live streaming, penawaran khusus seperti diskon eksklusif, pemberian free gift atau promosi terbatas waktu dapat meningkatkan antusias audiens kamu untuk segera melakukan pembelian dan juga dapat meningkatkan interaksi sehingga siaran langsung akan lebih hidup.

  1. Perbanyak Interaksi

Kelebihan dari live streaming adalah dapat memberikan ruang untuk kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan audiens. Dalam kesmepatan ini, ajak audiens kamu untuk melakukan sesi tanya jawab atau ajak mereka untuk memberikan komentar. Nah, jika sudah maka selanjutkan kamu wajib untuk menanggapi mereka secara real-time. Interaksi yang dilakukan ini akan membuat audiens kamu merasa dihargai dan bisa membuat meraka lebih terlibat dengan sesi live yang kamu gelar.

  1. Demo Produk

Sempatkan untuk dapat melakukan demonstrasi produk selama live streaming, seperti menampilakan cara penggunaan produk, manfaatnya, dan menunjukkan keunggulannya. Hal ini akan dapat membantu audiens kamu untuk lebih mengenal serta memahami produk dengan lebih baik, dampaknya adalah dapat meningkatkan kepercayaan audiens terhadap produk yang kamu tawarkan.

  1. Jadwalkan Secara Konsisten

Konsistensi merupakan kunci dalam membangun audiens yang loyal. Buatlah jadwal live streaming yang teratur dan share informasi mengenai live ini kepada audiens kamu. Dalam share informasi akan dilaksanakannya live ini, kamu bisa memberikan informasi bhawa nanti saat live aka nada banyak sekali benefit bagi mereka yang join sesi live tersebut, dengan begitu audiensmu akan mengetahui kapan harus menonton dan lebih bersemangat untuk join di sesi live yang akan kamu selenggarakan.

  1. Lakukan Analisis & Evaluasi

Jika live streaming telah selesai diselenggarakan, selalu lakukan analisis kinerja siaran. Selalu perhatikan jumlah audiens yang bergabung, berapa lama rata-rata mereka menonton, dan berapa banyak interaksi terjadi selama sesi live berlangsung. Evaluasi ini akan membantumu untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu diimprove untuk live streaming selanjutnya sehingga bisa meningkatkan performa live selanjutnya.

  1. Promosikan Siaran Ulang

Live streaming berakhir bukan berarti kamu sudah tidak bisa mempromosikan kembali, Kamu tetap dapat memberikan informasi mengenai produk/jasamu kepada audiens yang mungkin belum sempat join saat live streaming melalui siaran ulang. Caranya adalah dengan membagikan tautan ke rekaman di media sosial atau menyematkannya di situs websitemu. Siaran ulang ini bisa tetap mendatangkan manfaat dan juga berpengaruh terhadap penjualan jangka panjang.

Itulah 9 tips yang bisa kamu gunakan untuk dapat memaksimalkan potensi live streaming sebagai alat promosi yang efektif untuk produk dan jasa yang ditawarkan. Apakah kamu sudah siap untuk memulai live streaming dengan bekal informasi yang lengkap?

post-image-1724307064827.jpg

Mau banget jadi makin mahir di bidang bisnis digital? Di PIB College telah dibuka program studi Digital Business lho! Kamu bisa join dikelas ini, dengan berbagai kemudahan dan berbagai benefit yang ditawarkan, salh satunya adalah masuk tanpa tes dan juga adanya potongan dana kuliah sebesar 50% sampai lulus! Nah, kapan lagi ada kampus yang bisa kasi kamu berbagai benefit seperti ini? Yuk langsung aja kepoin Politeknik Internasinonal Bali di website pib.ac.id atau kamu juga bisa banget registrasi langsung di daftar.pib.ac.id

Jangan tunda lagi, langsung aja yuk daftar sekarang dan siapkan dirimu untuk karir masa depan yang cerah!

Penulis : Ayu Intan

Berita Terkait

Lihat Semua

Kelas Bersama Kraft Heinz: Peluang Emas untuk Mahasiswa Culinary Arts & Gastronomy PIB College Dalam Memulai Pop- Up Business!

Kamis, 10 Oktober 2024

Popup store belakangan ini memang lagi hits banget terutama di dunia kuliner Buat kamu yang bercitacita jadi foodpreneur pasti pernah...

Selengkapnya

Industri Event Saat Ini & Prospek Karirnya yang Semakin Banyak Dicari

Kamis, 03 Oktober 2024

Jika kamu mendengar kata Event organizer EO pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kan Sedikit kita bahas Event organizer...

Selengkapnya

7 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Bidang Hospitality

Senin, 09 September 2024

Tahukah kamu bahwa saat ini Industri hospitality menjadi salah satu sektor yang laris manis Industri hospitality atau yang dikenal sebagai...

Selengkapnya

Copyright © PMB - Politeknik Internasional Bali. All Rights Reserved